Searching...
3/25/2014 12:44:00 PM

Skipping atau Lompat Tali

Sejarah Skipping

“Skipping atau yang dalam bahasa indonesianya disebut lompat tali.”
Sampai saat pemikiran ini saya tuangkan, awal mula Skipping belum juga mendapat informasi yang paling akurat dari sumber yang saya dapat... Nah kalau pembaca ada yang tau boleh kok di informasikan :)
Dalam bahasa inggris skipping sering disebut dengan skipping rope atau jumping rope. Di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan lompat tali, tapi istilah Skipping sudah sangat akrab pada penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari. Jadi kita sepakat ya, bahwa kita menggunakan Skipping saja sebagai kata utama dalam blog ini, soale kalo pake lompat tali kedengaran kurang memikat...hehehe
Sebagian orang berpendapat bahwa skipping berasal dari Kebudayaan arab kuno 1600BC ada juga yang berpendapat dari suku aborigin dan sebagian bilang dari China.
Kalau kita masyarakat Indonesia mungkin mengenal skipping sejak adanya permainan lompat tali, di Riau ada, di Jawa tengah juga ada bahkan di Jakarta pun sudah ada sejak dulu.
Dari pada bingung, doa-in aja penemu lompat tali atau skipping tersebut semoga ia damai di alamnya, karna skipping sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan menginspirasi banyak orang. Hehehehe...

Kenapa Harus Skipping ?

Mungkin para sobat netter semua bertanya-tanya kenapa harus latihan skipping, padahal ada berbagai macam jenis olahraga lain, seperti jogging, lari, renang dll.Nah untuk menjawab pertanyaan para sobat netter semua saya mempunyai alasan kenapa harus olahraga skipping dan beberapa keunggulan olahraga ini. Sejak dulu sampai saat ini skipping masih menjadi anjuran para trainer atau ahli kesehatan lain bagi orang yang mempunyai Goal weight loss, improve sport performance, menaikan stamina dan lain-lain.

Berikut 10 alasan kenapa Skipping :
1.      Fun : mampu menaikan mood pelakunya terlebih jika dilakukan bersama teman, keluarga atau group tertentu.
2.      Easy to learn :sangat mudah dipelajari bahkan sejak usia dini, atau bahkan orang tua pun bisa mempelajarinya
3.      Burn tons of calories : lebaiii sih hehehe....tapi bener kok jika dilakukan dengan intensitas dan tehnik yang benar bisa membakar 1000 kalori per jam
4.      Tones your entire body : bisa meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalorinya semakin baik dan banyak
5.      For the whole family : boleh dilakukan oleh siapa pun, apapun profesinya, berapa pun usianya, dan bagaimanapun kondisi fitnessnya
6.      Portable : bisa di bawa kemanapun, sehingga dapat melakukan di indoor ataupun outdoor
7.      Inexpensive : sama sekali tidak mahal, untuk harga satu buah skiiping rope sangat variatif, mulai dari yang 10rb, 15rb, 20rb sampe ratusan ribu ada. Atau anda bahkan bisa membuatnya sendiri :D
8.      Safe : saya belum pernah mendapat keluhan atau cerita bahwa seseorang cidera karna skipping
9.      Improve athletic skills : bahkan atlit profesional pun melakukan skipping untuk peningkatan performance-nya, agility, speed dan reaction power
10.  Sexy : terserah anda mengartikannya, kalau saya sexy bisa jadi hasil karna melakukan skipping dan atau skipping sangat mengundang orang untuk melihat saat anda melakukannya

Keuntungan / Benefit dari  Latihan Skipping

Banyak sekali yang bisa di sebutkan apabila kita di tanya tentang benefit melakukan latihan Skipping, diantaranya adalah :
  • ü  Improve agility
  • ü  Improve Power
  • ü  Improve Endurance
  • ü  Improve sport performance
  • ü  Burn more calories
Dari keterangan di atas dapat kita simpulkan pula bahwa Skipping bisa di lakukan untuk mencapai banyak tujuan fitness/Fitness Goal. Orang yang punya tujuan weight loss atau fat loss bisa melakukan skipping. Para pencinta angkat beban berat dan atau body builder pun boleh melakukan supaya tidak kaku seperti robot. Atau bagi anda yang sekedar mencari alternatif olahraga yang murah, praktis, portabel dan menyehatkan tentunya dapat memilih ini.

Memulai Latihan Skipping

Getting started. Mari kita mulai latihan skipping kita. Tapi sebelumnya coba perhatikan beberapa tips keamanan dan kenyamanan berikut :

1. Perlengkapan yang baik
         Gunakan pakai olah raga terbaik anda, jika perlu belilah pakaian olahraga yang bagus dan ber-merk, “trust me” mood anda akan berubah.
         Anda bisa menggunakan sepatu lari, basket atau sepatu tenis, untuk men-support kaki anda agar nyaman dan aman.
         Untuk wanita gunakan well-fitting sport bra ya. Biar guncangannya tidak menyiksa anda. Hehehe

2. Pehatikan Permukaan Pijakan
         Permukaan lantai atau tanah harus rata
         Lantai dengan karpet atau dari kayu yang disarankan, untuk di outdoor bisa di atas tanah atau taman. Bila tidak ada anda cukup memakai matras sebagai alas. Bila tidak ada juga pastikan sepatu anda nyaman di pakainya.

3. Check panjang tali skipping anda
         Pastikan panjangnya sesuai dengan tinggi anda. Cara mengukurnya adalah dengan berdiri dan injak tali dengan satu kaki, lalu angkat handle-nya sampai setinggi ketiak. Jika belum pas bisa anda sesuaikan.

Gerakan Dasar Latihan Skipping.

Berikut saya berikan 3 steps breakdown Latihan skipping.
Dalam memulai latihan skipping baik bagi pemula atau yang sedang mempelajari variasi lompatan baru. Cobalah langkah-langkah berikut :

Step1 : lakukan lompatan/variasi yg akan di pelajari tanpa menggunakan tali atau hanya memegang handle skippingnya. Pastikan siku mendekati badan dan bahu relax...sekali lagi bahu relax :) , serta coba bernafas normal
Step2 :  pegang ke-2 handle dalam satu tangan/satu genggaman,Sambil melakukan variasi lompatan yang sedang dipelajari putar tali skipping di samping badan searah jam 6 dan 12 jangan kearah lain. Siku tetap pada posisi dekat dengan badan, bahu relax perhatikan putaran dipergelangan tangan. Ganti tangan dalam hitungan yang sama.
Step3 : setelah step2 mulai terbiasa dan bisa dikuasai, nah cobalah memulai berlatih gerakan tadi dengan menggunakan tali. Sabar. Tidak perlu terburu2 untuk segera bisa perhartikan gerakannya dan pastikan tubuh pada posisi netral (kuping, bahu, pinggang dalam satu garis).

Lakukan lah 3 step diatas maka anda akan cepat terbiasa dengan skipping dan variasi latihannya.

Intensity vs. Technique

Kedua hal ini, intensitas dan tehnik adalah suatu yang special. Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal tidak ada yang boleh dilewati. Semuanya memegang peranan penting dalam proses pencapaian suatu Goal taersebut.
Berdasarkan informasi dan analisa yang saya buat, intensitas latihan yang tinggi akan mendapatkan hasil yang maximal jika tehnik latihannya sudah benar.
Keuntungan yang kita dapat apa bila kita melakukan suatu tehnik latihan dengan benar adalah:

  1.  Terhidar dari cidera (aman)
  2.  Mempertahankan atau memperbaiki postural
  3. Kalori yang keluar lebih banyak
  4. Bisa tercapai tujuan latihannya
Segera perbaiki tehnik latihan anda, jika ragu jangan malu untuk bertanya dan jika sudah merasa benar tingkatkan intensitas latihan anda sambil terus mempertahankan tehnik yang benar. Prinsipnya "different form, different result"


Demikiannlah uraian singkat mengenai Skipping atau Lompat tali, special thanks buat mas “Edi Junaidi “ @blog “” atas tulisannya. J

Related Search :
Sejarah Lompat tali
Belajar skipping / lompat tali
Tekhnik Bermain lompat tali / skipping
Manfaat bermain lompat tali
Gerakan dasar latihan skipping

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar!
Setiap masukan, cacian, umpatan akan sangat berharga bagi saya.

 
Back to top!