cara mengetik arab di microsoft word

halo sobat semua, buat kalian yang bingung gimana sih cara mengetik arab di microsoft word ? tenang, kali ini saya akan berbagi tutorialnya. jadi silahkan disimak caranya baik baik.

Cara untuk melakukannya cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan aplikasi yang sangat sederhana dan juga font huruf / bahasa arab yang cocok.

Langsung saja kalian persiapkan terlebih dahulu alat alat yang akan digunakan.
Untuk Aplikasi ArabicPad silahkan Download disini.
Untuk Font saya merekomendasikan beberapa font arabic yang bagus diantaranya adalah Traditional Arabic, ArabicTypeSetting, b compset dll

Silahkan download font font bahasa arab di link di bawah ini :
Font Traditional Arabic
Font Arabictypesetting
Font b compset
untuk font tambahan AGA Islamic Pharse berfungsi untuk menampilkan beberapa pharse atau kalimat yang sering muncul dalam bahasa arab.

Keunggulan ArabicPad adlah kalian bisa mengetik huruf arab dengan keyboard qwerty yang biasa kalian gunakan dengan menggunkan rumus huruf seperti dibaeah ini :

Character Map

Main Arabic Letters
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
اaزzقq
بbسsكk
تtشSلl
ثZصcمm
جjضCنn
حhطpوw
خKظPهh
دdعءx
ذDغgىY
رrفfيy
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
أEؤWةT
إIئO
Harokat
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
Fatha َeFathatan ًeeSukun ْo
Kasra ِiKasratan ٍiiٓ~
Dhomma ُuDhammatan ٌuuHamza above ٔ<
Inverted Dhamma ٗUShadda ّvHamza below ٕ>
Superscript Alif ٰASubscript Alif ٖII
Additional for JAWI
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
چJڤFۏV
ڠGڬXڽN

For other text such as number ( 0 ..9 ), comma (,), dot (.), semicolon (;), Question mark(?), Percent sign(%), five pointed star (*), and underscore ( _ ) just equal with normal alphabet.


Setelah semua siap kita bisa mulai untuk mengetahui cara mengetik arab di microsoft word, langsung saja buka aplikasi ArabicPad yang sudah di download tadi namun sebelumnya pastikan kalian sudah menginstall font yang sudah kalian donwload tadi dengan cara double klik di file font nya.


setelah muncul tampilan depan dario aplikasi arabic pad tersebut kalian bisa langsung memulai mengetik dengan menggunakan karakter map / peta huruf yang ada di atas, mungkin kalau masih awal kalian agak kesulitan didalam menghapal huruf hurufnya namun jika sudah terbiasa kalian akan lebih cepat dalam mengetiknya.

untuk menyalin ke microsoft word kalian perlu sedikit trik agar susunan hurufnya tidak berantakan, yaitu kalian harus mengcopasnya ke wordpad terlebih dahulu kemudian baru kalian bisa copas ke ms word. jadi kalau diringkas petanya seperti ini

Arabic Pad > WordPad > Microsoft Office Word.

Kelemahannya adalah saat kalian ada kesalahan kalian tidak bisa mengeditnya langsung di ms word karena akan mengalami susunan hurufnya menjadi kacau.

Trik tambahan kalau kalian ingin memasukan lafal lafal arab yang sering keluar seperti SWT (subhana wataala), shallahu alaihi wasallam dll kalian bisa menguunakan trik unicode di ms word, yaitu caranya kalian ketik kodenya lalu kalian tekan kombinasi huruf ALT + X

untuk daftar kode yang lebih lengkap bisa kalian lihat di link ini
contoh penggunaannya bisa kalian lihat digambar di bawah


Ok demikian tadi tutorial singkat tentang cara mengetik arab di microsoft word.
semoga bermanfaat



Comments

Popular posts from this blog

Download dota 2 MOD Tools

Download Kera Sakti Bahasa Indonesia episode 26

Pantun Banjar Kabarsihan