Download Modul KKPI Lengkap

Buat sobat semua yang lagi nyari materi atau modul e-book untuk mata pelajaran KKPI, ini saya sediakan modulnya. lengkap, semuanya tersedia mulai dari kelas X, XI, dan XII. tapi sayangnya modul ini masih versi revisi dari tahun 2003, karena saya cari versi lain belum ada atau karena revisi terbaru diganti mapel KKPI dengan mata pelajaran Simulasi dan Komunikasai Digital. Ok, tanpa buang buang waktu langsung saja di download ebooknya.

Deskripsi Umum KKPI

Agar generasi masa depan dapat mengikuti derap perkembangan global, kita harus mengupayakan agar setiap insan anak bangsa melek informasi. Oleh karena itu mereka perlu dibekali dengan kemahiran minimal, yaitu mengoperasikan komputer untuk ‘mengelola’ informasi.

1. KKPI adalah kemampuan minimal yang harus dibekalkan kepada Insan Indonesia (siswa SLTA atau sederajat) agar mampu menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mengelola informasi adalah sebagai berikut :

  • Mengoperasikan Komputer
  • Menghubungkan seluruh komponen komputer dengan kabel penghubung sehingga dapat dihidupkan/dinyalakan dan dapat berfungsi.
  • Menghidupkan/menyalakan perangkat komputer.
  • Membuka dan menutup/mematikan program aplikasi pengolah kata, pengolah angka / bilangan, dan pembuat paparan.
  • Mengetik dengan 10 jari.
  • Mengelola Informasi
  • Mencari informasi.
  • Mengelompokkan, mengklasifikasikan, menyimpan.
  • Mengambil kembali informasi tersebut.
  • Mengemas menjadi informasi baru.
  • Menyusun menjadi bahan paparan.
  • Memaparkan atau mempresentasikan informasi.
  • Melakukan koneksi ke internet.
  • Bekerja menggunakan internet untuk mencari, mengumpulkan, dan merekam informasi.


2. KKPI akan terus dikembangkan, sejalan dengan perkembangan kompetensi tamatan SLTP atau sederajat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. KKPI adalah paradigma masa depan, bukan paradigma sekarang atau masa lalu. KKPI adalah satu bentuk kepedulian pengembang IT Depdiknas untuk mempersiapkan anak bangsa agar “siap hidup di jamannya”.
Sejalan dengan perkembangan informasi dan teknologi, maka kemampuan minimal yang harus dibekalkan kepada siswa SMK agar tidak ketinggalan dalam dunia Teknologi Informasi dalam penggunaan komputer sebagai alat bantu untuk :

  • Mencari Informasi.
  • Mengelompokkan, Mengklasifikasikan, Menyimpan
  • Mengambil kembali informasi tersebut
  • Mengemas menjadi informasi baru
  • Menyusun menjadi bahan paparan
  • Memaparkan atau Mempresentasikan


=====================================================================

Download Modul KKPI
Modul 1 : Mengetik 10 Jari

Berisi materi , metode, cara, dan teknik mengetik sepuluh jari . Diharapllasn setelah mempelajari ebook atau modul ini anda bisa menguasai cara mengetik 10 jari dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari guna mempersingkat waktu saat mengetik



Modul 2 : Mengidentifikasi dan Mengoprasikan Komputer Personal

Berisi materi cara identifikasi komponen system komputer tingkat dasar, mengoprasikan komputer personal yang berdiri sendiri, mengoprasikan system operasi, dan mengoprasikan PC yang terhubung pada jaringan komputer local dengan tujuan setelah anda membaca dan memahami isi dari ebook ini anda mampu mengetahui komponen PC , Mengoprasikan penyalaan komputer sampai digunakan, mengoprasikan perintah-perintah pada system operasi untuk mengelola sumber daya PC, dan mampu mengoprasikan PC yang tersambung ke jaringan local.



Modul 3 : Mengoprasikan Periferal

Ketika anda memahami isi dari modul 3 ini anda mampu memahami konsep dasar pengoperasian peripheral dan memahami konsep menghidupkan, mengoperasikan dan mematikan peripheral .



Modul 4 : Mengoprasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata

Modul 4 berisi cara mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata , Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan dan menutup dokumen, Melakukan editing sederhana, isian berulang, Membuat tablel, dan Mencetak dokumen . Dan setelah anda mempelajari modul 4 ini anda mampu Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak untuk dapat digunakan mengolah kata, Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata, Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing pengolah kata, Menjelaskan cara membuat table , dan Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak pada Perangkat Lunak pengolah kata tanpa kesalahan



Modul 5 : Mengoprasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar

Untuk modul 5 yang akan anda kuasai adalah mampu menjelaskan dan mempersiapkan perangkat lunak lembar sebar yang digunakan untuk mengolah angka, Dapat menyalakan komputer sesuai dengan sistem operasi yang ada, Mengetahui perangkat lunak lembar sebar sudah terinstalasi/belum, dan menjalankan perangkat lunak lembar sebar



Modul 6 : Mengoprasikan Perangkat Lunak Presentasi

Setelah mempelajari modul 6 ini anda akan mampu memulai Powerpoint, menggunakan menu-menu beserta shortcut pada power point, menyimpan, memanggil, insert, edit , menggunakan header, footer, page numbering, pencetakan file presentasi, dan mampu melakukan presentasi



Modul 7 : Mengoprasikan Perangkat Lunak Basis Data

Modul 7 anda akan dibekali pengoperasian software Acces dan isi dari modul ini adalah Prosedur pengoperasian untuk memasuki program Microsoft Access, Mempersiapkan aplikasi dan data masukan, Melakukan entry data dengan Menggunakan keyboard, Melakukan update data, Melakukan hapus/delete data, Mengecek hasil entry data, dan Mengisi chek list entry data .



Modul 8 : Melakukan koneksi ke Internet dan bekerja dengan internet

Pada modul 8 , anda akan mendapatkan banyak ilmu atau wawasan baru seputar internet antara lain Mengidentifikasi perangkat untuk koneksi Internet, Mengoperasikan dan menguji Modem, Menyiapkan jalur komunikasi telepon dial-up, Melakukan setting agar modem dikenal oleh Sistim Operasi yang digunakan, Mendeskripsikan fungsi Internet Service Provider (ISP), Memilih dan mendaftar pada ISP, Mengetahui nomor akses ISP, Mengetahui User Account dan Password yang akan digunakan, Mengisi Nomor Akses ISP pada fasilitas perangkat lunak sistim operasi untuk koneksi, Mengisi Nomor DNS (Domain Name Server) ISP yang dituju, Menguji koneksi internet melalui melalui ISP yang telah ditentukan, Dapat melakukan koneksi ke internet dengan model dial-up, Memutuskan koneksi ke internet jika telah selesai, Menginstall Web Browser, Memahami dan menyediakan petunjuk penggunaan (user manual) web browser, Menyalakan komputer dengan sistim operasi dan persyaratan sesuai dengan Installation Manual, Menjalankan Web Browser, Mengenali menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya, Memahami format dasar URL (Uniform Resource Locator), Melakukan akses ke URL tertentu melalui isian dan menu yang tersedia, serta penelusuran melalui hyperlink, Mengelola penggunaan cookies , Menyimpan file-file hasil penelusuran (browsing) pada media yang tersedia , Menyimpan link tertentu pada media yang tersedia (download ) , Mengenali objek-objek dasar seperti text, button (tombol), image, radio button, check box, text area , Mencari informasi tertentu (text tertentu) pada dokumen web menggunakan fasilitas yang sudah tersedia, Mengetahui alamat-alamat search engine popular , Memahami kata kunci yang digunakan dalam proses pencarian , Mencetak file dokumen hasil penelusuran (browsing) , Menggunakan fitur-fitur dasar pencetakan seperti : page setup, printer setup, print preview , Mengoperasikan sistem operasi sesuai dengan Instruction Manual , Mengetahui populer tentang internet, Mengetahui tentang kode etik penulisan Email , dan mampu Mampu berkomunikasi dengan menggunakan internet .


Modul 9 : Mengelola informasi

Untuk modul KKPI yang terakhir yaitu modul 9 , berisi Pengelolaan Informasi, Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI di bidang TIK, Mendeskripsikan Kewaspadaan terhadap keamanan informasi, Pemahaman akan kode etik dan Hak atas Kekayaan Intelektual ( HAKI ) yang berlaku di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Konsep keamanan informasi, dan Software Aplikasi Lembar sebar, Pengolah kata dan Portable Document Format .


Sumber artikel : serilkom

Comments

Popular posts from this blog

Download dota 2 MOD Tools

Pantun Banjar Kabarsihan

Pantun Banjar Parjuangan