Searching...

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) atau Riwayat Hidup

Buat sobat yang lagi berusaha untuk ngelamar si doi pekerjaan, postingan saya kali ini akan menjelaskan cara membuat daftar riwayat hidup atau biasa dikenal dengan CV Curriculum Vitae (baca: civi).


Berikut ini contoh civi untuk melamar kerja part time.
========================================================

CURRICULUM VITAE



Name : Nobi Nobita
Address : Haji Jenggot Raya No. 56, Bandung 12310
Phone Number : 081XXXXXXXXX
Email : nobi.nobita@xxx.com
Birth Date : January 20th 1990
Occupation : 2th grade student of management in Jember University
Availability Time: (24 Hours - 7 Days)

Summary of Experience:

  • Being Able to handle the common troubles at cash counters and ability to find innovative remedies for situations 
  • Many cashier work experiences at fast food restaurants 
  • Very familiar with the general duties of a fast food cashier
  • Having ability of identifying invalid and fake currency
  • Fluent in communication and customer convincing abilities 

Work Experience:
Klenger Burger (2009-2011)
Cashier

  • Welcoming the customers and probing for their food orders politely
  • Transferring the food orders to the co-workers for getting it prepared
  • Generating and forwarding the periodic cash reports to the higher officials 

Academic education:

  • 2006-2009: SMA NusaReborn, Jakarta

References: Will be available on request
==========================================================
Refiew dari setiap point diatas :

  • Judul. Kasih judul yang bener, "Curriculum Vitae". Bukan "[SUBMOD] PTD siap membasmi junker!"
  • Pas Foto. Contoh yang aku kasih ngaco sih. Usahakan foto dengan kemeja yang rapi atau kalau perlu jas. Ekspresi muka biasa aj jangan ngajak ribut, antara datar atau senyum (berkesan damai)
  • Name. Apa ini perlu dijelasin? Kasih nama lengkap kamu. Nama lengkap yang bener bukan nama di facebook (cth: James Uchiha Leonheart) atau nick DOTA (cth: XCN^YaphetS). Kalau nama kamu kepanjangan macem Sri Sultan Dewa Raja Hamengkubuwono Yudhoyono, dibikin simpel jadi Sri Sultan Yudhoyono.
  • Address. Tempat tinggal saat ini, makin dekat ke tempat kerja jadi nilai plus tersendiri.
  • Phone. Nggak perlu dijelasin. Disarankan no HP.
  • Email. Perhatikan apakah email kamu yang sekarang itu email yang "normal"? Usahakan jangan mencantumkan email yang "wah" seperti Kyuubi.Nobita@xxx.com. Gunakan email yang tidak menarik perhatian dan nggak lebay seperti nobi.nobita@xxx.com
  • Birth Date. Tanggal lahir kamu (duh). Mau tambahin kota kelahiran boleh, terutama kalau lahir di luar negeri macem New York, Tokyo, London, dll. Lumayan buat pamer.
  • Occupation. Pekerjaan kamu saat ini. Ada orang yang menggunakan "Occupation" ada juga yang memakai "Status". Aku lebih prefer ke Occupation.
  • Availability Time. Makin kosong waktu kamu makin bagus. Jangan ngarep bisa dapet kerja kalau bagian ini diisi seenak jidat misalnya cuman sabtu pagi. Bagian ini penting karena (calon) bos kamu bisa tau kalau (calon) karyawannya ini punya banyak waktu untuk bekerja. Nulis 24 jam dalam seminggu kayak aku juga gpp. Jgn takut bakal kerja 24 jam penuh, begitu keterima kamu bisa nego lagi shift kerjanya.
  • Summary of Experience. Kamu terbiasa ngapain ditulis. Disinilah kegunaannya pengalaman berorganisasi, nyesel ya sekarang nggak masuk OSIS, ekskul, ngatur event sekolah, dll . Kalau nggak bisa apa-apa gimana dong? Aku cuman punya 2 pilihan. Jujur isi seadanya atau nggak ngibul. Kalau ngibul resiko ditanggung sendiri ya. Di bagian ini disarankan menulis sesuatu yang berhubungan sama pekerjaan yang kamu lamar. Katakanlah jadi kasir, tulis kalau kamu terbiasa ngurus transaksi dimana kek. Jangan nulis hal yang nggak nyambung.
  • Work Experience. Jawab sejujurnya. Kalau belum pernah kerja ya kosongin. Pengalaman kerja yang ditulis aku sarankan harus yang berhubungan sama tempat kamu bekerja. Katakanlah kamu ngelamar ke Gramedia dan sebelumnya kamu pernah sambilan di Toko Gunung Agung dan Pizza Hut, yang ditulis cukup Toko Gunung Agungnya aja. Tulis dibawahnya selama di TGA kamu terbiasa jadi apa dan ngapain aja.
  • Academic education. Banyak yang nulis pendidikan lengkap dari TK-SMA atau kalau perlu playgroup dimana juga dicantumin. Buat part time dibikin simpel aja. Yang ngereview nggak akan peduli kamu TK-SD dimana. Cukup cantumin pendidikan terakhir yang sudah kamu lalui (sudah lulus). Kamu punya pendidikan informal macem ikutan TPA atau les bhs Inggris di EF misalnya? Nggak perlu dicantumin, kecuali kalau menurut kamu itu bisa jadi nilai plus karena kamu ngelamar di toko buku Islam atau tempat kerja yang banyak bulenya.
  • References. Maksudnya adalah orang yang bisa dihubungi untuk membuktikan kebenaran CV kamu. Biasanya nggak akan ditanyain sih makanya aku tulis baru tersedia kalau diminta. Yang kaya begini biasanya baru ditanya pas kamu dipanggil buat wawancara, terutama kalau kamu memberikan CV yang wah banget misal lulusan Harvard University dengan IPK 4. wouwww ^_^
Ini beberapa tips dalam menyusun civi

  1. Gunakan Bahasa Inggris
    Coba search contoh CV di google. Ada yang pakai bhs. Indonesia ada yang Inggris. Mana yang lebih baik? Usahakan menggunakan bahasa Inggris. CV berbahasa Inggris 9001% memberikan kesan smart, nggak peduli mau kerja dimanapun. Aku menyarankan menggunakan bahasa Inggris tapi memakai bahasa Indonesia juga tidak ada salahnya. Gimana nyamannya aja .
  2. Buat sesimpel mungkin
    Bos atau yang ngereview CV kamu nggak ada waktu buat baca CV wall of text sebanyak 5 halaman. Dibikin simpel aja. 1 halaman udah cukup kok. Yang penting padat dan kaya informasi. Nggak perlu masukin silsilah keluarga, kamu pernah menang turney DOTA dimana, atau total win kamu di room bot Nusa. Percaya deh itu nggak penting banget.
  3. Jangan gunakan CV yang sama untuk tempat pekerjaan di bidang yang berbeda.
    Kalau mau ngelamar ke J.Co jangan memakai CV yang kamu rancang untuk sambilan ke tempat foto kopi ^_^

Beberapa hal yang perlu dilampirkan saat melamar kerja
  • Pas foto 4x6 warna
  • CV (tulis seadannya yang terpenting sampaikan langsung) pengalaman/keahlian tidak perlu ditulis, sampaikan langsung saja. yang penting contact person dan identitas diri dan alasan membutuhkan pekerjaan.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijasah terakhir SMP/SMU/SD
  • SKKB
  • Surat keterangan berbadan sehat

Jenis Jenis CV yang lain

Yusran Pora dalam bukunya "Curriculum Vitae, Job Interview and Application Letter" mengatakan ada 5 jenis dasar format CV, yaitu:
  • Chronological CV
  • Functional CV
  • Performance CV
  • Targeted CV
  • Alternative CV

Tiap-tiap format diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun secara umum menurut Yusran Pora, Performance CV sangat baik bagi kebanyakan orang, dengan asumsi bahwa Anda berada pada wilayan yang sama. Kalaupun tidak cocok, maka dapat dicoba format lainnya.

Berikut sedikit uraian yang coba saya ringkas dari buku tersebut:
  • Gunakan Chronological CV atau Performance CV apabila Anda dalam keadaan sedang mencari pekerjaan yang secara langsung sejalan dengan pengalaman, pendidikan atau prestasi Anda sebelumnya. Jangan gunakan format ini apabila Anda berganti haluan pekerjaan, sering pindah-pindah, atau prestasi yang berhubungan tidak mencukupi. 
  • Functional CV atau Targeted CV cukup baik digunakan ketika Anda sedang menentukan arah karir ke depan, memiliki karir di berbagai bidang, ataupun latar belakang pekerjaan yang setengah-setengah saja, bisa juga mencantumkan pengalaman yang sifatnya sukarela atau sosial. 
  • Sedangkan Alternative CV cocok untuk karir kreatif seperti PR, designer, dll yang membutuhkan bakat-bakat khusus baik dengan menggunakan medium tulis maupun visual. Alternative CV tidak digunakan untuk melamar dari lowongan-lowongan yang diiklankan dan harus berhati-hati karena sangat rentan terjadi salah interpretasi.
Jika sobat males ngetiknya -_-" (mau kerja tapi males) saya menyediakan contoh form / blanko daftar riwayat hidup :
============================
============================
Sumber http://www.nusareborn.in/showthread.php?t=531417 + google


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar!
Setiap masukan, cacian, umpatan akan sangat berharga bagi saya.

 
Back to top!