Searching...

Cara Memprediksi cuaca

Punya rencana jalan keluar bareng temen atau keluarga ?
Tapi bingung cuacanya bakalan mendukung apa enggak ?
Gak ada salahnya sobat netter mempraktekan cara cara simple untuk memprediksi cuaca.

Ada 3 hal penting saat ingin memprediksi cuaca adalah

  1. Mengamati awan
  2. Merasakan tekanan udara dan pergerakan angin
  3. Mengamati hewan di sekitar
Langsung kita simak penjelasan dari tiga cara diatas.

1. mengamati awan


Simpel aja, Awan putih dan terbang tinggi, berarti cuaca baik, sebaliknya klo awan berwarna keruh dan terbang rendah, berarti hujan akan segera datang. Umum banget, bocah juga tau, hehehe ^_^

  • Cumulonimbus
Jika liat awan itu di pagi hari, dan trs berkembang sampe siang, berarti akan segera terjadi hujan / badai, entah sore, ato malemnya, dan durasinya bisa lama, tergantung besarnya awan,

  • Cirrius Clouds
Bentuknya macem2, yang pasti seperti buntut kuda. Ini nih yang keren, keliatannya sih cuacanya cerah banget, tapi kurang lebih dalem 3 hari, cuaca buruk akan terjadi.

  • Altocumulus
Sama seperti Cirrus Clouds, yang berarti dalem 3 hari akan terjadi cuaca buruk.

  • Bulan
Gak cuman awan, bahkan bulan juga bisa jadi acuan buat memprediksi cuaca. Klo malem liat bulan yang di sekitarnya ada cincin, seperti gambar di atas, berarti dalem 3 hari dipastikan hujan turun deras. Biasanya yang paling akurat yang ada kayak efek pelanginya.

2. Merasakan tekanan udara dan pergerakan angin


  • Yang ini gampang, rumput, kertas, kapas, sobekan bajumu ato apalah, yang penting ringan. Lemparin ke udara, klo bisa di tempat yang lapang ya, jgn yang di sekelilingnya ada gedung ato rumah. Klo angin terbang ke timur, berarti bakal ada hujan, sebaliknya klo angin terbang ke barat, berarti cuaca cerah. Semakin kencang hembusan angin ke timur, berarti hujannya semakin lebat, biasanya di sertai petir.
  • Klo ini rada ribet, lu bikin api, dan perhatiin asepnya. Klo asepnya lurus keatas trs, berarti cuaca cerah. Sebaliknya klo asepnya ga naik" dan cmn muter" ato bahkan balik kebawah, siap" aja berteduh.
  • Ini cuman bisa dilakuin di pagi hari, dan sangat ampuh klo pengen piknik ketempat terbuka sama pacar, ato keluarga. Bangun pagi2 sebelum matahari terbit, dan perhatiin rerumputan, ato tanaman lainnya, jangan tanaman plastik! Jika ada embun, artinya ga akan ada hujan sampe sore. Tapi klo ga ada embun, bisa dipastikan siangnya hujan. Cara ini cmn ngefek sampe sore, ato sampe matahari tenggelam
  • Klo ini khusus yang punya indera penciuman diatas rata". Tutup mata, hidup udara pelan", klo berasa ada bau tanah, pupuk, ato tanaman, berarti hujan akan turun. Karena waktu tekanan udara rendah, tanaman akan ngeluarin limbah, (semacem keringat) yang bisa dirasakan baunya.
  • Yang ini agak konyol tapi cukup efektif. Cek rambut, klo pas rambut kering, tapi berasa keras dan susah disisir. Itu bukan karena shampoo yang lu pake, tapi tanda klo akan ada hujan. Atau waktu rambut basah, dan keringnya lebih lama dari biasanya, itu juga pertanda akan turunnya hujan. Agak aneh ya? tapi itu normal, karena di pengaruhi kelembaban udara.
  • Tuang teh, kopi, ato coklat kedalam cangkir. Lalu liat gelembung yang terbentuk di dalam cangkir. Jika berada di tepi, itu tanda cuaca akan cerah untuk 12 jam kedepan. Tapi jika gelembung berada di tengah, siapin peralatan anti hujan, karena hujan akan turun kurang lebih 12 jam kedepan. Jika gelembung bergerak berlahan-lahan ketepi cangkir, ga perlu bawa jas hujan ato payung, segelap apapun awannya, karena ga akan hujan. Klo ga ada gelembung, aduk aja sampe keluar gelembungnya, ^_^ 

    yang kiri berarti cuaca akan hujan. kalo yang kanan berarti cerah :)

3. Mengamati hewan di sekitar


  • Jika burung terbang tinggi, bisa dipastikan cuaca benar-benar cerah. Sedangkan jika burung terbang rendah, itu tanda bahwa akan turun hujan. Penyebabnya adalah tekanan udara, menurunnya tekanan udara bikin telinga burung jadi gak nyaman. Jadi mereka akan terbang rendah buat ngurangin tekanan itu. Jika banyak burung yg hinggap di kabel listrik, juga tanda klo hujan akan segera datang. Malah biasanya, di sertai petir, klo ga intensitas hujannya lebat dan cukup lama.
  • Gw gak yakin di tempat kalian banyak sapi, tapi sapi punya kebiasaan unik sebelum hujan. Mereka akan berbaring sebelum hujan lebat di sertai petir tiba. Bahkan mereka bisa saling berdekatan untuk nunjukin kegelisahannya sebelum hujan.
  • Liat sarang semut, biasanya semut bakal bangun sarang tinggi dan curam sebelum hujan. Tujuannya biar ga kemasukan air, dan bisa terus nyari makanan.
  • Gw juga gak yakin ini hal umum, tapi unik. Perhatikan kura-kura, biasanya kura-kura bakal jalan ketempat tinggi sebelum hujan tiba. Nah uniknya, kura-kura bisa memprediksi hujan 1-2 hari sebelumnya, karena mereka butuh waktu selama itu untuk sampai ketempat tinggi.

Sumber : http://www.nusareborn.in/showthread.php?t=629569


1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar!
Setiap masukan, cacian, umpatan akan sangat berharga bagi saya.

 
Back to top!